KOMPUTER
AKUNTANSI (MYOB)
A. Pengertian
komputer akuntansi
Komputer akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi
dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan
dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan
keuangan dalam sebuah perusahaan.
1. Manfaat
Komputer Akuntansi:
a. Dapat menyediakan informsi yang akurat
dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value cham secara
efisien.
b. Penengah kekeliruan karna tingkat
ketelitian dn fokus dari komputer lebih tinggi meningkatka efisien.
c.
Meningkatkan kemampuan dalam pemngambil
keputusan.
d.
Meningkatkan kualitas dan mengurangi
biaya produk dan jasa yang di hasilkan.
e.
Menambah efisien kerja dibagian
keuangan.
f.
Meningkatkan sharing knowledge.
2. Kelebihannya
:
a. User friendly ( mudah digunakan ) bahkan
oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
b.
Tingkat keamanan yang ukup valid untuk
setiap user.
c. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke
program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
d.
Kemampuan trash back semua laporan ke
sumber dokumen dan sumber transaksi.
e.
Dapat diaplikasikan untuk IOS jenis
perusahaan yang telah direkomendasikan.
f. Menampilkan laporan keuangan komparasi (
perbandingan, serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk gafik ).
g. Mudah dipahami dan digunakan bisa diajarkan kepada semua SMK/SMA
dan mahasiswa maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk aplikasi
langsung dalam pengolahan perusahaan.
h.
Bisa ditetapkan unuk jenis usaha yang
ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah dan besar.
3. Kekurangannya
:
a. Tidak ada module fixed assets, sehingga
apabila perusahaa memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka
harus membeli add on lagi.
b. Tidak ada module intercompany reporting,
sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan
konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
c.
Kelemahan multi ware house yang
mengakibatkan pengolahan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam
MYOB.
d. Tidak dapat digunakan untuk mengelola
perusahaan dengan multi company artinya laporan konsolidasi tidak dapat
diharapkan dapat dibuat dengan MYOB.
e. Data base myob merupakan file based
sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksiyang besar dan kompeks. Isu
terbaru MYOB akan menggunakan server based untuk databasednya sehingga
optimalisasi data lebih realistis.
B. Komponen
sistem informasi akuntansi
Sitem informasi
akuntansi terdiri dari 5 komponen, yaitu :
1.
Orang-orang yang mengoperasikan sistem
tersebut dan melaksanakan berbagai fungsi.
2. Prosedur-prosedur baik manual maupun
yang terotomatisasi, yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memperoses, dan
menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi.
3.
Data tentang proses-proses bisnis
organisasi.
4.
Software yang dipakai untuk memproses
data dan organissi.
5.
Infrastruktur teknologi informasi,
termasuk komputer, peralatan pendukung ( perip heral device ) dan peralatan
untuk komunikasi jaringan.
C. Spesifikasi
komputer
Harus memakai Windows Xp, Vsta, Windows 7, Windows 8
dengan RAMnya 64 MB dengan pentium 4 intel inside, prosesor II-200 Mhz, Windows
Compatible Printer dan mouse or pointing device. Monitor resolusi 1024X768, CD
ROOM.
Cara menginstall
program aplikasi akuntansi ( MYOB ):
1. Dapatkan Aplikasi tersebut dengan membelinya di Toko aplikasi komputer, ataupun dapat di-download di internet, ataupun meminta dari teman yang sudah mempunyai aplikasi MYOB tersebut
2. Anda pindahkan ke komputer/laptop anda,
3. double click pada file MYOB yang berikon komputer, bukan yg WINRAR, setelah itu program akan meminta RUN, ikuti langkah-langkah yang disediakan untuk menginstall aplikasi tersebut,
4. setelah selesai , aplikasi MYOB tersebut akan muncul sebagai shortcut di dekstop anda atau akan memulai aplikasi tersebut dengan sendirinya, yang mana berarti aplikasi tersebut sudah terinstall di komputer/laptop anda.
D. Membuka
progran MYOB :
1. Double-klick shortcut MYOB yang berada di dekstop anda
2. Aplikasi akan mulai dengan sendirinya
Terdapat 5 simbol untuk mengakses program Myob,
berikut fungsi dari 5 simbol tersebut:
1.
Open, digunakan untuk membuka file yang
telah dibuat.
2.
Create, untuk membuat file/data
perusahan yang baru.
3.
Explore, untuk membuka file contoh yang
telah disediakan oleh Myob.
4.
What’s new, digunakan utuk melihat
fitur-fitur baru pada Myob.
5.
Exit, digunakan untuk mengakhiri atau
menutup program Myob.
Terdapat 6 menu pada
program MYOB, yaitu :
1.
Account :
modul ini digunakan untuk memuat jurnal umum dan mengedit perkiraan.
2.
Banking :
modul ini digunakan untuk transaksi yang berkaitan dengan perbankan.
3.
Purchase :
modul ini digunakan untuk transaksi penjualan barang dagang.
4.
Inventory : modul ini digunakan untuk transaksi stok barang dagang.
5.
Card file : untuk data-data pelanggan dan data-data karyawan.
6.
Time biling : pelunasan
E.
Mengakhiri program MYOB :
Dari menu utama MYOB, klik menu
file, lalu pilih exit.
1. Tampil jendela yang menanyakan apakah
anda akan membuat backup untuk file perusahaan ini.
2. Pilih (NO) jika tidak ingin menyalin
backup data anda, program MYOB akan langsung tertutup.
3.
Jika anda ingin melakukan backup, pilih
(YES)
4. Tombol jendela MYOB Company file backup,
pilih backup all data. Lalu aktifkan pilih check company file for errors, lalu
continue.
5. Setelah prosespemeriksaan file selesai
maka akan tampil jendela informaasi yang memberitahukan bahwa tidak ada
kesalahan pada file data perusahaan, cilck ok.
Kata dialog backup ditaampilkan
secara otomatis file akan tersimpan didalam drive C :\ Accounting18/ backup pada kolom file name terisi dengan
MYOB diikuti data bulan dan tanggal saat ini.
6.
Klik tombol save
7. Proses penyimpanan file dijalankan
setelah selesaai program MYOB Accounting akan tertutup.
sangat membantu untuk siswa/mahasiswa akuntansi dan praktisi
BalasHapus