Senin, 01 Mei 2017

jawaban halaman 157 no 1-7



1.      Jelaskan karakterisktik kualitas laporan keuangan sektor publik!
Jawaban :
Karakteristik kualitas laporan kuangan sector publik :
a.       Dapat dipahami
Kualitas penting informasi dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dipahami oleh pemakai. Guna mencapai maksud ini, diasumsikan pemakai memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan ketekunan yang wajar.
b.      Relevan
Informasi disebut relevan ketika dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai. Agar relevan, informasi harus dapat digunakan untuk mengevaluasi masa lalu, masa sekarang, dan masa mendatang (predictive value), menegaskan atau memperbaiki harapan yang dibuat sebelumnya (feedback value), juga harus tersedia tepat waktu bagi pengambil keputusan sebelum mereka kehilangan kesempatan atau untuk mempengaruhi keputusan yang diambil (timeliness).
c.       Keandalan
Informasi disebut andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yang tulus dan jujur (faithful representation) dari yang seharusnya disajikan atau yang dapat disajikan secara wajar.
d.      Dapat dibandingkan
Identifikasi kecenderungan (trend) posisi dan kinerja keuangan laporan keuangan perusahaan antar periode hendaknya dapat diperbandingkan oleh pemakai. Dengan demikian pemakai dapat memperoleh informasi tentang kebijakan akuntansi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan perubahan kebijakan serta pengaruh perubahan tersebut. Ketaatan pada standar akuntansi keuangan, termasuk pengungkapan kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan, membantu pencapaian karakteristik ini.
2.      Jelaskan batasan dalam menghasilkan laporan keuangan sektor publik yang relevan dan handal!
Jawaban:
Terdapat beberapa batasan dalam  menghasilkan laporan keuangan yang relevan dan handal sebagai berikut :
a.       Objektivitas
Objektivitas merupakan kendala utama dalam menghasilkan laporan keuangan yang relevan. Seringkali terjadi masalah objektivitas laporan kinerja disebebkan oleh adanya benturan kepentingan antara kepentingan manajemen dengan kepentingan stakeholder.
b.      Konsisten
Konsisten adalah penggunaan metode akuntansi yang sama untuk menghasilakan laporan keuangan selama beberapa periode berturut-turut.
c.       Daya Banding
Laporan keuangan sector publik hendaknya dapat dipertimbangkan antara periode waktu dan dengan instansi lain yang sejenis. Dengan demikian, daya banding berarti bahwa laporan keuangan dapat digunakan untuk membandingkan kinerja organisasi dengan organisasi lain yang sejenis.
d.      Tepat Waktu
Laporan keuangan harus disajikan tepat waktu aga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.
e.       Ekonomis dalam Penyajian Laporan
Penyajian laporan keuangan membutuhkan biaya. Semakin banyak informasi yang dibutuhkan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Kendala ekonomis dalam penyajian laporan kuanagan bias berarti bahwa manfaat yang diperoleh harus lebih besar dar biaya yang dikeluarkan untuk menghasilakan laporan tersebut.
f.       Materialitas
Suatu informasi dianggap materialitas apabila dipengaruhi keputusan.
3.      Jelaskan konsep akuntansi anggaran. Apa kelebihan dan kelemahan akuntansi anggaran?
Jawaban:
Teknik akuntansi anggaran merupakan teknik akuntansi yang menyajikan jumlah yang dianggarkan dengan jumlah actual dan dicatat secara berpansangan (double entry). Tujuan utama teknik adalah untuk menekankan peran anggran dalam siklus perencanaan, pengendalian, dan akuntabilitas.
Kelebihan dari teknik yakni akuntansi anggaran dapat membandingkan secara sistematis dan kontinyu jumlah anggaran dengan reaslisasi anggaran. Namun salah satu kelemahan dari teknik ini adalah bahwa teknik ini sangat komplek.
4.      Jelaskan konsep akuntansi komitmen. Apa kelebihan dan kelemahan akuntansi komitmen?
Jawaban:
Akuntansi komitmen adalah sistem akuntansi yang mengakui transaksi dan mencatatnya pada saat order dikeluarkan. Dengan adanya konsep ini manajer dapat mengendalikan anggaran. Dalam menegndalikan anggaran, manajer mengetahui berapa besar anggaran yang telah dilaksanakan atau digunakan jika dihitung berdaraskan yang telah dikeluarkan. Akuntansi komitmen berfokus pada order yang dikeluarkan. Order yang diterima yang terkait dengan pendapatan tidak akan dicatat sebelum faktur dikirimkan. Meskipun akuntansi komitmen dapat memperbaiki pengendalian terhadap anggaran, namun terdapat masalah dalam ini tidak menutup kemungkinan terjadinya pembatalan order, hal ini menjadikan sulit untuk mengakui biaya-biaya untuk periode akuntansi yang bersangkutan yang man ahnya mendasarkan pada order yang dikeluarkan.
5.      Jelaskan konsep akuntansi kas. Apa kelebihan dan kelemahan akuntansi kas?
Jawaban :
Penerapan akuntansi kas, pendapatan dicatat pada saat kas diterima, dan pengeluaran dicatat ketika kas dikeluarkan.
Ø  Keunggulan Pencatatan Akuntansi Secara Cash Basis :
a.       Metode Cash basis digunakan untuk pencatatan pengakuan pendapatan, belanja dan pembiayaan.
b.       Beban/biaya belum diakui sampai adanya pembayaran secara kas walaupun beban telah terjadi, sehingga tidak menyebabkan pengurangan dalam penghitungan pendapatan.
c.       Pendapatan diakui pada saat diterimanya kas,sehingga benar-benar mencerminkan posisi yang sebenanya.
d.      Penerimaan kas biasanya diakui sebagai pendapatan.
e.       Laporan Keuangan yang disajikan memperlihatkan posisi keuangan yang ada pada saat laporan tersebut.
f.       Tidak perlunya suatu perusahaan untuk membuat pencadangan untuk kas yang belum tertagih.
Ø  Kelemahan Pencatatan Akuntansi Secara Cash Basis :
a.       Metode Cash basis tidak mencerminkan besarnya kas yang tersedia.
b.      Akan dapat menurunkan perhitungan pendapatan bank, karena adanya pengakuan pendapatan sampai diterimanya uang kas.
c.       Adanya penghapusan piutang secara langsung dan tidak mengenal adanya estimasi piutang tak tertagih.
d.      Biasanya dipakai oleh perusahaan yang usahanya relative kecil seperti toko, warung, mall (retail) dan praktek kaum spesialis seperti dokter, pedagang informal, panti pijat (malah ada yang pakai credit card-tapi ingat credit card dikategorikan juga sebagai cash basis).
e.       Setiap pengeluaran kas diakui sebagai beban.
f.       Sulit dalam melakukan transaksi yang tertunda pembayarannya, karena pencatatan diakui pada saat kas masuk atau keluar.
g.      Sulit bagi manajemen untuk menentukan suatu kebijakan kedepannya karena selalu berpatokan kepada kas.
6.      Jelaskan konsep akuntansi akrual. Apa kelebihan dan kelemahan akuntansi akrual?
Jawaban :
Akuntansi akrual dianggap lebih baik dari pada akuntansi kas. Teknik akuntansi berbasisi akrual diyakini dapat menghasilokan laporan keuangan yang lebih dapat dipercaya, lebih akrual, komprehensif, dan relevan untuk pengembalian kaputusan ekonomi, social, dan politik.
Ø  Beberapa kelebihan akuntansi berbasis akrual:
a.       Beban diakui saat terjadi transaksi, sehingga informasi yang diberikan lebih handal danterpercaya.
b.      Pendapatan diakui saat terjadi transaksi, sehingga informasi yang diberikan lebih handaldan terpecaya walaupun kas belum diterima.
c.       Setiap penerimaan dan pembayaran akan dicatat kedalam masing-masing akun sesuaidengan transaksi yang terjadi.
d.      Adanya peningkatan pendapatan perusahaan karena kas yang belum diterima dapatdiakui sebagai pendapatan.
e.       Laporan keuangan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan dimasa datang dengan lebih tepat.
f.       Laporan keuangan yang dihasilkan dapat diperbandingkan dengan entita lain, baik pemerintah maupun bisnis. Hal ini dimungkinkan karena kerangka dan ruang lingkup yangsama telah digunakan dengan menerapkan basis akrual.
Ø Kekurangan yang mungkin terjadi dalam penerapan basis akuntansi akrual adalah:
a.       Biaya yang belum dibayarkan secara kas, akan dicatat efektif sebagai biaya sehinggadapat mengurangi pendapatan.
b.      Adanya resiko pendapatan yang tak tertagih sehingga dapat membuat mengurangipendapatan.
c.       Tidak ada perkiraan yang tepat kapan kas yang belum dibayarkan oleh pihak lain dapat diterima.
7.      Jelaskan konsep akuntansi dana. Apa kelebihan dan kelemahan akuntansi dana?
Jawaban :
Dana dimaknai sebagai dana kas. Tiap-tiap dana tersebut harus ditempatkan pada laci secara terpisah, beberapa tagihan harus diambilkan dari satu laci dan tagihan lain ari laci yang lainnya. Namun saat ini, dana dimaknai sebagai entitas anggaran dan entitas akuntansi yang terpisah, termasuk sumber daya nonkas dan utang diperhatikan didalamnya. Kelebihan akuntansi dana sebagai organisasi bisnis, kelemahannya adalah, pertama perusahaan perorangan (milik pribadi) kurang menguntungkan dibandingkan dengan perusahaan yang dimiliki publik (perseroan terbatas). Kedua, adanya kesalahan dalam memahami makna entitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar